Tuesday, August 2, 2011

PROFESI BESERTA HOBI DAN KESENANGAN ITU…….


·         Pemain musik / musician
Ini sebenarnya impian gw yang paling besar, seluas jagat raya, setinggi” nya langit, sedalam”nya perasaan. Lamunan paling jawara gw: di sebuah orkestra besar dan terkenal pimpinan Hans Zimmer, di dalamnya ada gw dan biola custom-made kesayangan gw bermain bersama satu tim besar ngebawain harmoni” dan melodi yang bikin pendengarnya merinding. Menurut gw, suara biola itu indah sekali didenger dalam sebuah orkestra, ada banyak pemain biola, masing” adalah maestro alat musiknya membawakan ragam klasik simfoni. Panggung megah dan besar, tirai beludru merah di sisi panggung, lampu terang yang seakan memberi tahu bahwa merekalah bintangnya malam itu, ada ribuan penonton yang benar” menghargai indahnya alunan nada, ada semua orang yang gw sayangi disana lalu bisa ngeliat ekspresi muka yang hanya ada rasa kagum diiringi gemuruh tepuk tangan, dan pada akhirnya perasaan bahagia karena bisa ngasih sesuatu yang benar” indah buat semua orang. Perasaan paling penuh di dunia ini yang ga ada bandingannya. Seperti itu juga yang tentunya dirasakan si konduktor orkestra, tapi gw sudah sangatlah puas dengan bagian gw. Jadi menurut gw, ini pekerjaan paling indah karna di hidup lo ada musik setiap harinya dan lo adalah bagian dari dia, bermain dengan dia.

·         Penari / dancer
Lentur, gemulai, lincah dan attitude, my man!! ^^ Rajin latihan dan selalu kegirangan nyoba gerakan baru dan menari menyatu sama musik. Mereka rela bangun pagi” buat jogging muterin lapangan Senayan supaya fisik dan stamina nya kuat. Jadi penari itu menyenangkan. Berdansa itu indah dan menenangkan. Gw pernah ikut ekskul chacha dan waltz waktu kuliah, juga tampil buat anniversary nya kampus gw, wah sumpah tegang tapi dosen” gw bilang it was elegant and beautiful. Makasih buat partner dansa gw, Kiki, dia emang aga melentik tapi asik, juga buat Doni si guru dansa, kamu memang hebat ey!! Gw suka ngebayangin betapa serunya hidup penari” profesional yang mencari nafkah dengan bakatnya, hobinya dan kecintaannya. Amerika keren sekali punya acara “So You Think You Can Dance?”. Mulai dari hip-hop dance, waltz, breakdance sampe robotic dance, semua penarinya punya kemampuan luar biasa! Mungkin kalo di Indo, berbagialah mereka yang jadi penari prof dan bisa berhasil dari situ. Seru juga kali ya jadi tim narinya Agnes Monica.    

·         Atlit / athlete
Jadi atlit itu keren. Pastinya! Dari Markis Kido sampe Maria Sharapova, dari cabang memanah sampe bersepeda, semuanya punya kemampuan dan bakat beda” tapi intinya mereka hebat di cabangnya masing”. Emang monyet nangkring di cabang pohon?? Latihannya? Sudah pasti berat menguras tenaga keringat airmata dan air minum. Tapi hasilnya? Noh lo pada liat dah otot” lengan, paha sama betis mereka. Soal penghasilan? Ya kalo kita mau dapat income besar ya harus ada prestasi juga dong. Kayak era Ricky Subagja ato Yayuk Basuki, gw yakin mereka dibayar bagus karna mengharumkan nama bangsa. Kalo di luar negri, jadi atlit sangatlah menjanjikan. Anak” mudanya pengen jadi atlit soccer, basketball, rugby, softball, hockey, you name it deh. Semuanya menyediakan beasiswa penuh ke univ kalo lo cemerlang, kalo ga dapet beasiswa pun tapi lo jago, banyak pelatih dan klub” yang ngincer dengan iming” uang banyak dan masa depan bagus, terkenal pula. Jadi bagaimana dengan Indonesia? Semuanya ga ada yang mustahil. Kita pun punya tunas” muda yang sama hebatnya dengan negara lain kalo ditempa dan digembleng dengan baik dan benar baik pelatih maupun ketersediaan sarana prasarananya yang banyak dan layak dari pemerintah. 
  
·         Penata rias / make-up artist
Atau mungkin bisa dibilang juga tukang sulap! Bayangin dan liat aja, yang orang yg jelek bisa jadi cakep, yang cakep jadi tambah kinclong, yang artis bisa dirubah secantik malaikat ato malah jadi ancur jelek abis kayak nenek gombel. Dengan kuas”, bedak”, dan semua pewarna mata dan pipi itu, kita bisa ngubah bentuk seseorang. Membuat seseorang jadi terliat cantik, itu sih biasa, lumayan sepele. Tujuan dandan kan supaya jadi cantik. Nah gw kagum sekali sama penata rias special efek film. Setiap liat film action trus lakonnya luka bedarah, kulitnya robek, lebam, bibir sobek, luka setengah kering, luka bekas jahitan, luka masih basah ato bekas biru” abis ditampar, itu semua keren banget!! Dan yang bisa bikin itu hanya si make-up artist professional tadi dan engga segampang make-up cantik. Bermain” dengan peralatan make-upnya, sedikit biru disana, tambah ungu disini, tutup dengan lem kering, sepuh lagi dengan warna merah, ratakan, dan semua keajaiban yang lu liat di film jadi kenyataan. Ini pekerjaan seru dan yah sangat seru. Pasti puas rasanya bisa bikin satu efek di wajah yang nyambung dengan jalan ceritanya si aktor dan sesuai dengan harapan si sutradara. Wow!

·         Koki / chef
O yang satu ini seksiiii…. Pake apron putih dan topi koki putih, bahkan tanpa centong ato wajan pun, kita semua tau kalo dia pasti jagooo sekali masak. Koki punya aura kepercayaan diri tinggi dan bikin mereka terlihat berkarisma, istilah inggrisnya “charming”. Memang engga sedikit uang yang habis buat menuntut ilmu permasak”an inih, Cesar Ritz College di Swiss mungkin jadi salah satu sekolah impian orang” yang pengen bener” berhasil di dunia ini. Apa rasanya yah dapet gelar dr sekolah se-bergengsi itu? Woooow pastinya mantaps lah! Chef pastinya punya lidah pengecap yang sangat baik, perasaan yang menyatu sama masakan”nya baik sewaktu mentah, selagi dimasak dan setelah siap dihidangkan. Mereka tau apa yang harus dilakukan dengan cumi” kecil itu ato lobster” merah menantang itu. Nonton aja master Chef ato junior master chef punyanya Amerika, pasti ngerti deh kenapa profesi yang satu ini begitu memukau. Ps: punya suami chef? hahaha bonus nikmat ituh ^^     

·         Pemain film / actor
Naomi Watts di KingKong, Cate Blanchett di The Curios Case of Benjamin Button, Denzel Washington di Book of Eli, Jamie Foxx di The Soloist, Will Smith di I Am Legend ato Cuba Gooding Jr. di Men of Honor. Gosh!! Mereka hanyalah segelintir contoh dari aktor” hebat yang sangat total dalam semua film yang mereka lakoni. Soal kualitas akting orang” yang gw tulis barusan namanya, gw dan segenap pemirsa di rumah dan hadirin di studio sembah sujud bumi memuja. Gila! Ekspresi wajah, gerak gerik tubuh, penghafalan skrip dan penghayatan plus kesatuan semuanya sesama aktor, seting dan emosi, I’m tellin you that it is one really difficult thing to do yet is a remarkable talent. Gw salut sebuah film bisa hidup karena kemampuan akting mereka, bahkan tanpa mereka berdialog pun, it tells us thousand of things from their face and eyes only. Dan serunya jadi aktor adalah mereka bisa dapet skill dan pengalaman baru karena produser dan sutradaranya rela mendatangkan trainer” ahli supaya si aktor bisa berakting senatural dan semirip layaknya peran yang dibawakan. Ambil contoh Charlie’s Angel, para 3 angels itu khusus ditraining intensif 6 bulan supaya bisa punya badan dan tendangan ala karate, ato Angelina Jolie dan Brad Pitt yang dapet training langsung dari SWAT team gimana cara begerak, pegang senapan dan kode” menyerang seorang penembak jitu. Cool kan? Along with that, you earn piles and piles of money, fame and everything money can buy.

·         Designer
Kita mulai dari lokal, ada Sebastian Gunawan, Biyan, Kanaya Tabitha dan Anne Avanti. Dari luar sanah gw suka designer Coco Chanel, Christopher Bailey  for Burberry, Donna Karan for DKNY, Zac Posen, Dolce&Gabbana, Tom Ford for Gucci, etc. Apa yang membuat mereka sangat brilian? Pencil dan kertas jadi sketsa baju, kain murah bisa disulap jadi gaun super mahal, tapi yang paling penting adalah kejeniusan yang ada dalam kepala si designer itu ditambah insting yang kuat. Coco Chanel dress? You can never go wrong with it. Burberry famous checkered brown pattern longcoat? It worths every penny. Dunia yang menggiurkan. Once you get your trademark and name heard all over the world, then victory is all yours. Bayangkan orang” make baju rancangan lo dan dengan bangga mereka nyebut nama lo sebagai designernya. Ga gampang sih jadi designer hebat sepanjang masa, karna ide” kreatif di kepala lo ga boleh mati kalo mau jadi designer secara banyak saingan dengan ide” segar dan trend berganti terus. Tapi lihatlah koleksi SEba ato Biyan, setia dengan warna lembut paduan lace, sifon, sutra crepe, sutra dupioni dan renda” perancis yang olalalala you just feel like a complete woman wearing that. Tetep tuh Biyan keren abis menurut gw meskipun dia ga heboh ikut”an ngerancang baju yang aneh”.  

·         Pembuat perhiasan / jewelry maker
Secara personal, gw suka perhiasan dengan tema dan gaya etnik, materialnya bisa dari kayu, kulit sapi ato domba halus dan batu” eksotis dari Pakistan dan India. Seorang pembuat perhiasaan punya selera yang sangat baik, dia tahu bagaimana merangkai semua benda” unik itu jadi sebuah perhiasan yang mempunyai nilai, nilai seni, nilai jual, nilai keindahan. Dia mampu membuat sang wanita merasa indah dan mata yang melihat kagum memuji.

·         Photographer
Rela naik ke puncak gunung, duduk di tepi laut dari subuh, masuk kedalam hutan atau duduk diam di semak” dari jauh menatap si raja hutan sedang berjalan pelan. Seorang fotografer amat sangat rela dan bersukacita ngelakuin itu semua. Katanya itu gairah mereka, kepuasan tak bernilai saat momen yang ditunggu menjadi sangat tepat dan akan berubah ceritanya jika dia telat 10 atau 15 menit saja. The right person in the right time, if I may add, with the right camera. Apapun yang dilakoninya, subjek orang, objek benda, pemandangan entah itu buat komersial atu konsumsi pribadi, setiap orang dengan profesi ini getol dan pandai membuat sudut yang kusam menjadi tangkapan gambar yang bermakna. Contoh nyatanya ada pada setiap foto di halaman majalah National Geographic. Banyak nama fotografer tertulis disana berikut hasil jepretannya, bahkan dengan melihatnya pun terbayang sudah kenikmatan dan gejolak perasaan saat gambar dengan 1001 makna itu terekam dalam kameranya, dan terpampang untuk memanjakan mata kita. Butuh ketekunan, latihan dan kemauan yang besar untuk menjadi seorang fotografer professional terlebih outdoor. Tapi diingat, seorang fotografer yang cemerlang tidak memakai sentuhan photoshop atau lightroom di fotonya. Sulit? Ya jelas. Hanya keajaiban alam, dia dan kameranya. Itu saja. Tanpa yang lain.

·         Pelukis / painter
Ada banyak lukisan dengan harga jual engga kira”. Puluhan juta bahkan ratusan pun sanggup miliaran. Apa yang special dari sebuah lukisan kanvas dalam pigura kayu itu? No 5, 1948 dilukis oleh ekspresionis Jackson Pollock dibeli dengan harga 140 juta dolar! di taon 2006. Edan! Seluruh penduduk Indonesia mungkin bisa lepas dari kemeralatan dan hutang” negara bisa sedikitnya terbayar, hehehe… Dari tanah Bali pun ada I Nyoman Masriadi dengan lukisan “The Man from Bantul” terjual aja tuh dengan harga 10 miliar. Sakit!! Profesi ini sanggup melambungkan karya seseorang dengan cepat jika si pelukis punya hasil lukisan sesuai dengan selera si penikmat. Masalahnya penikmat itu banyak ragamnya. Tidak sedikit pelukis yang nasibnya terpuruk karena entah kenapa nilai lukisannya tidak terlalu mampu menjual. Aaah atau sederhana saja, dia hanya seseorang dengan bakat melukis tapi dia tidak punya kenalan orang penting, tidak punya koneksi untuk menjual lukisannya ato mungkin di sudut sana ada pelukis lain dengan kemampuan lebih baik. Well who can tell. Bagi gw sendiri, banyak lukisan yang susah gw tangkep nilai seninya karena sedalam apapun gw berusaha memahaminya, I just don’t get it. Lukisan indah itu menurut gw adalah lukisan yang kala kita melihatnya mampu membawa pikiran kita masuk ke dalamnya dan ikut menikmati si suara angin dan air, terdiam sejenak meresapi makna lukisan dan kepiawaian si pelukis. Mungkin itulah kenapa gw sangat suka lukisan pemandangan dimana ada pohon”, langit, gubuk, ank kecil berlarian, dan saat mulut gw bisa bilang “Gila! Hidup kayak asli ya.” Setiap detil masuk dalam lukisan itu, bahkan sampai pucuk daun yang terkecil. Maka lukisan itu berhasil buat gw. Balik lagi itu sih selera masing”.



·         Penggubah lagu / Composer
Nama sekaliber Hans Zimmer dan Danny Elfman yang membuktikan bahwa profesi ini luar biasa. Film sekeren King Arthur ga akan bisa semegah itu tanpa kejeniusan seorang Hans Zimmer. Apa yang bikin film The Kingdom, Charlie and The Chocolate Factory dan Mission Impossible bisa jadi begitu berkesan? Kepada Danny Elfman lah kita sangat berterima kasih. Peran seorang komposer musik untuk sebuah film sangatlah besar. Musik yang salah, melemahkan suatu film, bukan tak mungkin jadi terkesan murah. Sungguh bakat mereka ini berkah tak ternilai buat hidup gw. Gw setia ngubek youtube berjam” cuma untuk nyari music score dari film yang gw tonton dan harus ketemu. Sejauh ini sih gw selalu berhasil, diiringi dengan doa restu dan ketabahan hati tentunya hehehehehe…. dan lamunan gw pun kembali sama, andai saja gw bermain musik dengan mereka, life would have been more beautiful.
·  
            Penulis / writer
Ada sebuah judul buku yang gw liat di meja kasir waktu itu, “Menulis itu Seksi.” Hahahha ga gw beli sih bukunya tapi masih keingat ampe sekarang. Apa iya menulis itu seksi? Waktu seseorang bisa bermain dengan ratusan kata”, berimajinasi dengan ruang dan waktu, menciptakan tokoh”nya sendiri terserah mau diapain, ya menulis itu memang seksi. Awas efek sampingnya teman! Mata berkunang”, menderita nyeri tulang punggung, persediaan cemilan yang cepat raib dan keterlambatan makan malam satu keluarga karena si penulis telat memasak! Banyak dan banyak sekali buku di toko buku (masa di tukang minyak!) dari berbagai gaya penulisan, berbagai nama penulis dan berbagai tipe cerita dengan sampul yang mencoba unik dari yang lain, tapi siapa yang baca mereka? Kita. Seberapa banyak? Mungkin cukup banyak. Puas? Kadang puas kadang ya gitu aj. Bagai pilih kucing dalam karung, novel mana yang bagus? Penulis mana yang nyaris selalu menawarkan cerita bagus di setiap keluaran novel terbarunya supaya uang yang kita keluarin ga sia”? Tanyalah pada rumput yang bergoyang atawa teman” lo. Paling payah kalo isi otak si penulis lagi mandek, kreativitas lagi sepi, kemauan rada bekurang. Tapi seorang penulis selalu punya banyak kata” bermain di otaknya, rempong bo kalo ga dikeluarin. Mereka hanya butuh sebuah kisah.  
  
·         Guru / teacher
Tugasnya hanya 1 di dunia ini: mendidik anak” bangsa. Si guru juga berpenghasilan tapi ga sebanding dengan yang dihasilkan si aktor tadi atau si arsitek terkenal itu. Namun, lahir dari manakah sang aktor dan arsitek tadi? Dari bapak dan ibu guru di sekolah, bukan? Memang betul kecerdasan dan kemauan si anak mempengaruhi masa depannya juga, tapi itulah kenapa guru itu adalah profesi mulia. Si guru harus mampu mendorong semangat si anak, mengenali dan menggali potensi tiap anak. Dia tidak berpakaian semodis atau secantik para foto model, tapi dia membuat anak” mau meraih cita”. Banyak juga sih jaman sekarang yang jadi guru bukan karena panggilan jiwa, tapi asalkan dia melakukan yang terbaik buat para murid”, itu udah cukup rasanya. Seorang guru mampu menyayangi murid layaknya anak sendiri dan memarahi demi kebaikan si anak. Gw memang ga dapet gelar guru teladan sejagat raya, tapi apa yang udah gw lakukan, seluruh nilai baiknya hanya buat mereka, para anak” di bangku sekolahnya.


Semua pekerjaan mulia adanya, dari kuli bangunan di sebrang jalan yang gw pantengin 3 minggu terakhir ini karena mau ga mau keliatan dari jendela rumah sampai anak muda pembagi brosur toko kain di pasar baru, atau si CEO yang lagi ngelobi tamu penting di sebuah hotel mewah maupun mba” penjaga karcis di pintu tol…. mungkin itu bukan pekerjaan impian mereka tapi ketika hidup menawarkan itu untuk saat sekarang, lakukanlah dengan baik dan dia juga akan menjadi benar adanya.


thelittleofflamingochipsandcrumbs chapter 6  

No comments:

Post a Comment

Post a Comment